Catatan Popular

Sabtu, 14 Januari 2017

NASHAIBUL IBAAD... TIGA KESENANGAN RASULULLAH

Rasulullah saw pernah bersabda:

"Ada tiga hal yang sangat aku senangi di dunia ini, yaitu:
  1. Wangi-wangian;

  1. Istri shalihah; dan

  1. Ketenangan saat shalat."


Ketika itu beliau sedang duduk dengan para sahabatnya. Tiba-tiba Abu Bakar Ash-Shiddiq berkata: "Benar engkau, ya Rasulullah, aku pun menyukai tiga hal lainnya, yaitu: senang melihat wajah Rasulullah, menafkahkan hartaku menurut kemauan Rasulullah saw, dan aku senang putriku berada di bawah pemeliharaan Rasulullah."

'Umar lantas berkata: "Benar engkau, ya Abu Bakar, aku pun senang akan tiga hal lainnya, yaitu: mengajak pada kebaikan, mencegah kemungkaran, dan berpakaian sederhana."

'Utsman pun menyahut: "Benar engkau, wahai 'Umar, aku pun menyukai tiga hal lainnya, yaitu: mengenyangkan orang yang sedang lapar, memberi pakaian kepada orang yang tak memiliki busana, dan membaca Al-Qur'an."

Selanjutnya, 'Ali juga berkata: "Benar engkau, wahai "Utsman, aku pun menyukai tiga hal lainnya, yaitu: melayani tamu, puasa pada musim panas, dan memukul musuh dengan pedang."

Ketika mereka sedang berbincang-bincang, lalu Jibril datang dan berkata (kepada Nabi saw): "Allah telah mengutus aku ketika mendengar pembicaraan kalian, Allah memerintahkan kepadamu, wahai Rasulullah, supaya engkau bertanya kepadaku tentang sesuatu yang aku cintai apabila aku menjadi penghuni dunia."

Rasulullah saw pun bertanya: "Wahai Jibril, apa yang engkau cintai jika engkau menjadi penghuni dunia?" Jibril menjawab: "Memberikan petunjuk kepada orang yang sesat, menemani orang yang taat kepada Allah, dan menolong keluarga yang fakir."

Selanjutnya, Jibril berkata: "Allah, Tuhan Yang Mahamulia dan Mahaagung mencintai tiga hal yang ada pada diri hamba-Nya, yaitu: mencurahkan segala kemampuan dalam berbakti kepada Allah, menangis karena menyesal telah berbuat maksiat, dan sabar ketika mengalami kefakiran." 

Tiada ulasan: